• Status Order
  • Tlp: 0811-2614-100
  • SMS/WA: 0811-2614-100
  • Line : galeri_insyari
  • BBM : INSYARI
  • cs@insyari.com
Terpopuler:

Mengenal SNI Bagi Pakaian Bayi

18 August 2017 - Kategori Blog

Mengenal SNI bagi pakaian bayi

Wahai para orang tua, apakah sudah pernah dengar tentang ketentuan SNI bagi produk pakaian bayi ? Pertanyaan awal lagi, apakah itu SNI? Sebagaimana dilansir dakam surat kabar Pikiran Rakyat Online: SNI pakaian bayi wajib di sub sektor tekstil, edisi 2 Juni 2015. Bahwa SNI wajib pakaian bayi resmi ditetapkan dalam Peraturan Mentri Perindustrian tertanggal 17 Mei 2014. Namun satu dan lain hal membuat aturan itu baru bisa diterapkan dan mulai diawasi sejak 17 Mei 2015 lalu. Pakaian bayi menjadi produk pertama yang diterapi SNI wajib karena bayi butuh priotitas paling tinggi untuk dilindungi. Selama ini, tidak sedikit pakaian bayi yang masih ditemukan mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan bahan berbahaya lain seperti karsinogen, yaitu kandungan zat warna atau logam berat yang terekstrasi serta formaldehida.

SNI adalah singkatan dari Standar Nasional Indonesia yang diatur oleh Badan Standarisasi Nasional Republik Indonesia. Keberadaan SNI diatur pula oleh Kementrian Perindustrian dan Kementrian Perdagangan, khususnya Direktorat Standarisasi  dan Perlindungan konsumen. Dengan diterapkannya produk bayi merupakan produk yang wajib SNI, maka seluruh produk pakaian bayi yang diedarkan di Indonesia wajib memperoleh SNI.

Aduh Ayah – Bunda! Apa repot ya? Buat konsumen  untuk cerdas, tentu tinggal cek label SNI yang tertera di produk atau kemasan. Tentu kita ingat soal heboh SNI untuk helm, kini semua helm di Indonesia dipastikan sudah memiliki SNI karena penerapannya wajib.

Jadi buat kita konsumen gunanya SNI adalah aman, karena untuk produk yang memiliki wajib SNI dipastikan mempengaruhi keamanan dan kualits produk itu.

Jadi mari menjadi konsumen cerdas dengan memilih produk yang sudah mendapat SNI, karena produk yang memiliki SNI menunjukan kesadaran produsen bahwa produk yang dijual berkualitas, mengapa bisa demikian?

Untuk memperoleh sertifikat SNI, produsen wajib melalui proses uji dan proses sertifikasi, selain juga didaftarkan pada berkementrian yang berwenang, jadi pertimbangan harga saat membeli juga diiringi dengan pertimbangan kualitas dari produk yang memiliki SNI.

Yuk, kita bahas, sesuai kebutuhan kita. Khususnya untuk SNI 7617:2013/Amd-1:2014, dimana kode itu menunjukan bahwa produk pakaian bayi wajib SNI. Dibawah label SNI ada nomor lagi, yaitu nomor pendaftaran barang (NPB) atau Nomor Registrasi Produk (NRP), yang berarti NPB adalah nomor bahwa produk tersebut  impor dan NRP berarti bahwa produk tersebut adalah produk Indonesia. Penting pula untuk diketahui bahwa selain pakaian bayi, produk mainan anak juga sudah wajib SNI.

, , , , , , , , ,