• Status Order
  • Tlp: 0811-2614-100
  • SMS/WA: 0811-2614-100
  • Line : galeri_insyari
  • BBM : INSYARI
  • cs@insyari.com
Terpopuler:

Mengapa Memilih Pembalut Kain?

24 August 2017 - Kategori Blog

Mengapa wanita sebaiknya memilih menggunakan pembalut kain saat menstruasi? Karena wanita memiliki siklus biologi khusus yang kita sebut dengan menstruasi setiap bulannya, sehingga pembalut menjadi salah satu kebutuhan penting yang tidak bisa dipisahkan dari seorang wanita. Namun belakangan ini para wanita dibuat dilema dengan penggunaan pembalut disebabkan isu-isu kesehatan yang terkait dengannya. Pembalut  dicurigai sebagai salah satu penyebab kanker servik,  kanker paling mengerikan yang bisa menyerang para wanita hingga menyebabkan kematian.

Berawal dari keluarnya pernyataan dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) tentang bahaya yang bisa disebabkan oleh pembalut. Bahaya yang disebutkan diduga berasal dari kandungan klorin yang terdapat di dalam pembalut. Tidak tanggung-tanggung YLKI juga memberikan list merek-merek pembalut yang mengandung klorin tersebut. Semakin membuat para dilema lagi, banyak di antara pembalut yang terdapat di dalam list tersebut adalah  pembalut yang telah mereka pakai sehari-hari.

Seiring dengan pernyataan dan peringatan tentang bahaya pembalut mengandung klorin tersebut, YLKI juga sekaligus  menghimbau dan menyarankan para wanita untuk kembali pada tradisi dahulu yaitu menggunakan pembalut dari kain. Pembalut kain dianggap sebagai solusi paling aman untuk mencegah adanya pengaruh buruk dari bahan kimia berbahaya yang terdapat pada pembalut

Bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati. Kita tetap harus antisipasi agar penggunaan pembalut tidak membawa petaka bagi kita mulai dari  yang kecil seperti gatal, alergi dan keputihan, sampai resiko paling bahaya yaitu kanker servik.

Inilah beberapa kelebihan pembalut kain :

1. Aman lingkungan

Pembalut wanita yang terbuat dari kain dapat dicuci dan dipakai kembali. Sehingga mengurangi limbah kertas atau plastik yang biasanya dihasilkan dari pemakaian pembalut wanita biasa.

2. Aman untuk kesehatan

Cenderung aman untuk kesehatan organ reproduksi karena tidak mengandung zat pemutih atau berbahaya lainnya.

Banyak wanita yang mengeluhkan alergi menggunakan pembalut biasa, dikarenakan adanya sisa zat-zat kimia pada pembalut disebabkan bahan bakunya terbuat dari kertas koran, kardus, pulp, yang kemudian disterilkan dan diputihkan dengan bahan kimia.

3. Hemat biaya

Karena bisa pakai ulang, penggunaan pembalut dari kain tentu saja lebih hemat biaya.

, , , , , , ,