• Status Order
  • Tlp: 0811-2614-100
  • SMS/WA: 0811-2614-100
  • Line : galeri_insyari
  • BBM : INSYARI
  • cs@insyari.com
Terpopuler:

Mendidik Anak Sejak Dini

24 November 2017 - Kategori Blog

Marilah kita mendidik anak sejak dini. Ada beberapa orangtua yang berasumsi kalau anak tidak perlu dididik dengan ketat mulai sejak awal. Kelak juga bila udah besar dapat memahami sendiri. Walau sebenarnya hal itu adalah pemahaman yang salah.

Anak adalah amanah dari Allah yang perlu dijaga serta diberi pemahaman tentang ketaatan sedini mungkin. Jangan pernah kita menyesal sesudah anak dewasa serta nyatanya jauh dari keinginan kita.

Banyak orang yg tidak memahami, kalau masalah itu tidak  datang dengan instan, jadi mustahil juga menyelesaikannya dengan instan, semuanya  butuh proses untuk ada hasilnya.

Apabila udah akut, baru datang ke ustadz atau ulama, mengharapkan ulama serta ustadznya dapat menuntaskan dalam waktu relatif cepat, bak sulap, walau sebenarnya tidak demikian sebenarnya.

Setiap maksiat anak yang beranjak dewasa, umumnya karna kekeliruan didik pada saat kecil, pada saat orang-tua masih bisa mendidik anak itu 100%, di bawah pengasuhannya.

Saat kecil aqidahnya tidak ditanamkan, tidak di ajarkan buat mencintai Allah, Rasul serta Al-Quran dan As-Sunnah, tidak sempat diarahkan buat mengetahui agamanya.

Demikian sebaliknya, orang-tua dengan bangga menyekolahkan anaknya di kurikulum amerika, model inggris atau sedikitnya  singapura, lengkap dengan model hidupnya di sekolah.

Saat menginginkan diperkenalkan dengan agama, orangtuanya katakan “Nanti saja bila udah gede, masih kecil kasihan”, tetapi dia tidak kasihan kecil-kecil diperkenalkan budaya asing.

Maka saat sudah dewasa, lumrah apabila anak berfikir bukanlah menggunakan cara Islam, tidak berasumsi utama agama, yang utama cinta, yang utama  suka, tren dan kekinian.

Misalnya, apabila mulai sejak kecil seseorang Muslimah tidak diperkenalkan kalau hijab adalah bajunya, serta kewajibannya, sesudah dewasa dia lebih sukar menempatkan diri untuk menggunakan pakaian yang syari.

Apabila dia tidak berhijab, pasti yang tertarik padanya bukanlah yang soleh, begitu halnya pergaulannya. Jadi, kita sebaiknya kita mendidik anak kita sejak dini sejak masih kecil, bukanlah sesudah dewasa.

Menginginkan memanen mangga? Tanamlah biji mangga. Janganlah berharap dapat memanen durian jika  menanam biji kedelai. Serta hidup bukanlah swalayan yang semuanya dapat dibeli.

Sampaikan anak patuh dari awal, tidak ada kata sangat cepat buat patuh, seperti tidak ada terlambat buat berhenti maksiat. Kenalkan Islam mulai sejak awal, supaya kita selamat.

, , , ,