• Status Order
  • Tlp: 0811-2614-100
  • SMS/WA: 0811-2614-100
  • Line : galeri_insyari
  • BBM : INSYARI
  • cs@insyari.com
Terpopuler:

Ingatlah 5 Perkara Sebelum 5 Perkara

29 August 2017 - Kategori Blog

Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara : [1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, [2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, [3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, [4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, [5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir)

Nah, bagi anda yang belum tahu atau belum paham dengan istilah yang sering diucapkan tersebut, berikut ini penjelasannya. Ingat lima perkara sebelum lima perkara itu adalah :
1. Pergunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu
Maksudnya adalah kita suruh memanfaatkan masa muda untuk aktif melakukan hal-hal baik sebanyak mungkin. Misalnya bekerja dan juga beribadah seperti sholat dan lain sebagainya.
Jangan buang-buang masa muda dengan hal-hal yang merugikan. Contohnya seperti malas-malasan untuk bekerja dan beribadah.
Kenapa kita dilarang membuang-buang waktu muda kita dengan bermalas-malasan ?
Karena jika waktu muda kita habiskan hanya untuk bermalas-malasan maka jangan harap ketika tua nanti anda bisa menjadi giat bekerja dan juga beribadah.
Benar bukan ? Coba bantah jika memang ungkapan ini salah.
2. Pergunakan masa kayamu sebelum datang masa miskinmu
Maksudnya adalah kita harus memanfaatkan masa ketika kita masih kaya sebaik mungkin dalam hal kebaikan. Contoh memanfaatkan kaya kita untuk hal yang baik adalah denga bersedekah, membantu orang miskin, naik haji dan lain sebagainya.
Dengan memanfaatkan kekayaan kita ke jalan yang baik maka harta kita pun menjadi berkah. Tapi kenapa kita harus memanfaatkan harta kekayaan kita kepada hal-hal yang baik ?
Jawabannyakarena ketika kita tidak mau bersedekah dan berbagi kebahagiaan disaat kita kaya, maka jangan harap ketika menjadi miskin anda bisa melakukannya.
Apakah hal ini juga benar menurut anda ?
3. Pergunakan masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu
Maksudnya adalah kita harus mempergunakan masa sehat seperti sekarang ini untuk terus beribadah dan juga untuk melakukan hal-hal baik lainnya. Contohnya adalah melakukan ibadah shalat dan juga ibadah lainnya.
Kenapa kita harus giat melakukan ibadah ketika sehat ?
Karena jika kita enggan memanfaatkan tubuh yang sedang sehat untuk shalat dan melaksanakan haji maka jangan harap bisa melakukannya ketika anda sakit.
Apakah setuju dengan penjelasan ini ?
4. Pergunakan masa lapangmu sebelum datang masa sempitmu
Maksudnya adalah kita harus memanfaatkan dengan baik saat-saat dimana kita memiliki banyak waktu untuk melakukan banyak hal baik. Contohnya seperti memanfaatkan waktu untuk belajar ilmu agama, memanfaatkan waktu untuk beribadah.
Kenapa harus demikian ?
Itu dikarenakan ketika kita tidak mau memanfaatkan watu kita yang banyak ini untuk belajara ilmu agama dan juga untuk beribadah, maka jangan harap bisa melakukannya disaat anda telah menjadi sibuk.
Sepertinya ini sangat logis bukan ?
5. Pergunakan masa hidupmu sebelum datang masa matimu
Maksudnya adalah kita harus bisa memanfaatkan setiap detik untuk berbuat yang baik, selama kita masih hidup. Contohnya melaksanakan shalat, puasa, naik haji dan lain sebagainya.
Kenapa harus melakukan hal tersebut ?
Karena jelas sekali jika kita tidak melakukannya ketika kita masih hidup, maka jangan harap kita bisa melakukannya ketika kita talah mati. Tidak mungkin kita melaksanakan shalat ketika sudah mati. Benarkan ?

, , , , , , , , , , ,