• Status Order
  • Tlp: 0811-2614-100
  • SMS/WA: 0811-2614-100
  • Line : galeri_insyari
  • BBM : INSYARI
  • cs@insyari.com
Terpopuler:

Gaya Hidup Sehat Rosulullah SAW

25 April 2017 - Kategori Blog

 

Gaya Hidup Sehat Rosulullah SAW

Umat muslim, pola gaya hidup sehat sebenarnya telah tertuntun sejak adanya Nabi Muhammad SAW dan turunnya kitab Suci Al-qur’an. Sehingganya kemudian banyak cendikia muslim dan ilmuwan muslim yang melakukan penelitian kesehatan dengan mengikuti cara hidup sehat ala Rasulullah SAW dan ternyata secara medispun semua pola hidup sehat ala Rasullah itu terbukti kebenarannya. Berikut adalah gaya hidup sehat yang dilakukan Rosulullah SAW :

1. Duduk Saat Makan Serta Minum
Saat sedang makan alias minum, Rasulullah rutin duduk daam menjalaninya. Saat seseorang duduk, dengan cara medis nyatanya rongga dalam sistem pencernaan (perut) tak sama bila seseorang dalam posisi berdiri. Jadi dengan duduk, rongga dalam sistem pencernaan menjadi lebih terbuka sehingga kemudian saat makanan ataupun minuman ditelan maka sistem pencernaan tubuh sudah siap menerimanya. Ketika pencernaan makanan sudah siap menerima maka tak ada paksaan supaya sistem pencernaan tersebut bekerja dengan cara keras. Tak sama bila makan serta minum diperbuat dengan cara berdiri maka katub dalam sistem pencernaan belum sepenuhnya terbuka sehingganya ketika makanan ataupun minuman datang maka system pencernaan bakal bekerja keras untuk mencernanya serta bila faktor itu terus berjalan dalam waktu yang lama maka system pencernaan menjadi lemah, sehingga kemudian muncullah gangguan-gangguan kesehatan pada seseorang.

2. Rajin Melakukan Puasa

Dalam menjalani hidupnya, Rasulullah selalu melakukan Puasa Sunnah. Selain puasa Ramadhan umat muslim banyak yang melakukan puasa sunnah terutama pada hari Senin dan Kamis. Bagi umat muslim, selain mendapatkan pahala ternyata secara medis pun puasa sangat berpengaruh penting bagi kesehatan fisik dan  psikologis seseorang. Saat berpuasa kinerja organ tubuh akan menjadi lebih rilek dan tenang sehingga emosi lebih mudah terkontrol dan pikiran jauh dari stress. Dan secara kesehatan fisik, puasa akan mengontrol jumlah makanan dan minuman dalam tubuh menjadi lebih teratur dan tidak berlebih dengan demikian maka kinerja organ pencernaan pun akan berjalan seimbang.

3. Makan Sebelum Lapar serta Berhenti Sebelum Kenyang
Selain, mengkonsumsi makanan yang baik serta halal, Rasulullah juga sudah memberikan teladan yang baik untuk hidup sehat dengan cara makan sebelum lapar serta berhenti sebelum perut kenyang. Faktor ini berarti seseorang diwajibkan untuk makan tak dengan cara berlebihan. Dengan cara medis faktor ini ampuh dalam faktor merawat kesehatan organ pencernaan tubuh khususnya lambung, dimana saat makanan serta minuman masuk dengan cara berlebih maka organ perncernaan bakal bekerja sangat keras untuk mencerna itu semua faktor ini justru bakal melemahkan kinerja sistem pencernaan tubuh serta bakal memunculkan penyakit serta gangguang kesehatan lainnya.
4. Makan Memakai Tangan Kanan
Mesikipun semasa hidup Rasulullah Saw sudah mempunyai peralatan makan alamiah semacam bejana alias lainnya, tetapi saat makan Rasulullah saw rutin memakai tangan kanan serta faktor ini menjadi sunnah yang tak sedikit diikut umat muslim. Butuh diketahui nyatanya hasil penelitian medis, tangan kanan yang bergerak pada waktu makan syaraf otak kiri bakal masih bekerja serta rutin aktif. Faktor ini bermanfaat untuk melatih serta menjaga otak kiri menghasilkan pikiran yang masih fokus serta rutin aktif.
5. Keseimbangan Waktu Istirahat Tubuh
Tubuh kita secara medis sangat dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup. Tahukah Kamu nyatanya Rasulullah sudah menerapkan faktor itu semasa hidupnya. Lalu bagaimana Rasulullah meperbuatnya? Setiap hari Rasullah Saw membagi waktu dalam aktifitasnya serta masih memberbagi keseimbangan supaya tubuh tercukupi dalam beristirahat. Nabi Muhammad SAW rutin membagi waktu menjadi 3 tahap, dimana 1/3 waktu dipergunakan untuk bekerja urusan dunia, kemudian 1/3 lagi dipakai untuk urusan akhirat (beribadah) serta 1/3 terbaru dipakai untuk beristirahat. Dalam kajian medis tubuh membutuhkan waktu istirahat setidak sedikit 8 jam dalam sehari serta faktor tersebut pastinya berasal dari 1/3 waktu beristirahat yang diterapkan oleh Rasulullah saw dalam keseharinya.
Itulah gaya hidup sehat Rosulullah SAW, semoga bermanfaat bagi kita semua..

 

, , , , , , ,