• Status Order
  • Tlp: 0811-2614-100
  • SMS/WA: 0811-2614-100
  • Line : galeri_insyari
  • BBM : INSYARI
  • cs@insyari.com
Terpopuler:

Bersyukur

18 November 2017 - Kategori Blog

Bersyukur, setiap umat islam wajib bersyukur kepada Allah. Banyak sekali firman Allah yang mengajak untuk bersyukur, diantaranya adalah

“Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang musyrik, Dan ia senantiasa mensyukuri nikmat-nikmat Allah, Allah telah memilihnya dan menunjukinya kepada jalan yang lurus” (QS. An-Nahl: 120-121).

“Ingatlah kepada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah ingkar” (QS. Al Baqarah: 152)

Dan masih banyak lagi ayat- ayat yang lain yang menerangkan agar kita selalu bersyukur.

Imam Al Ghazali menerangkan bahwa bersyukur kepada Allah dapat dilakukan dengan empat cara yaitu seperti dikutip dari buku Amalan Pembuka Rezeki tulisan Karya Haris Priyatna, Lisdy Rahayu.
 1. Bersukur dengan hati

Bersukur dengan hati dijalankan dengan mengerti seutuhnya kalau semua nikmat serta rejeki yang diperoleh hanyalah adalah karunia serta kemurahan Allah.

” Semua nikmat yang ada pada anda (berasal) dari Allah. ” (QS An-Nahl 16 : 53).

Bersukur dengan hati dapat membawa seorang pada sikap terima karunia Allah, dengan penuh keikhlasan tanpa ada kecewa atau keberatan begitu juga kecilnya nikmat itu.

2. Bersukur dengan lisan

Bila hati seorang udah benar-benar percaya kalau semua nikmat yang diperoleh datang dari Allah SWT. Dia pastinya akan katakan Alhamdulillah (semua puji untuk Allah). Oleh karenanya, seandainya memperoleh nikmat dari seorang lisannya tetaplah memberikan pujian pada Allah. Karna harus diakui kalau orang itu sebatas penghubung Allah.

3. Bersukur dengan tindakan

Bersukur dengan aksi berarti kalau semuanya nikmat yang diraih mesti digunakan di jalan yang diridhaiNya.

Nabi Muhammad SAW menuturkan kalau Allah SWT benar-benar sukai memandang nikmat yang didapatkan pada hambaNya melalui langkah digunakan sebaik-baiknya.

” Sebenarnya Allah suka memandang atsar (sisa/bentuk) nikmatNya pada hambaNya, ” sabda Rasulullah.

Arti dari hadis ini adalah Allah benar-benar sukai pada hamba-hambaNya yang mempertunjukkan serta mengaku semua nikmat yang dilimpahkan padanya. Misalnya, orang kaya sebaiknya membagi hartanya untuk zakat sedekah dsb.

4. Menjaga kenikmatan

Apabila memperoleh nikmat dari Allah SWT upayakan untuk merawatnya supaya tidak rusak. Hal semacam ini seperti melindungi amanah dari Allah. Contohnya kita punyai badan yang sehat harus melindungi supaya badan tetaplah sehat serta terlepas dari penyakit. Langkahnya pastinya konsumsi makanan yang halal serta baik

, , , ,